PENYULUHAN HUKUM BAGI PELAJAR DI SMA SEJAHTERA 1 DEPOK HARI SENIN TANGGAL 29 APRIL 2019

2019-04-30 08:30:00 admin Berita

Untuk meningkatkan pemahaman kesadaran hukum sejak dini kepada pelajar, Bagian Hukum Setda Kota Depok pada hari Senin, tanggal 29 April 2019 menggelar Kegiatan Penyuluhan Hukum bagi pelajar di SMA Sejahtera 1 Depok. Tema Penyuluhan Hukum kali ini adalah “Pendidikan Karakter bagi pelajar dan Undang Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Depok Salviadona Tri P, S.H., MH, menyampaikan bahwa kegiatan Penyuluhan Hukum bagi pelajar di SMA 1 Depok merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan serta meningkatkan kesadaran hukum bagi siswa sejak usia dini. Sehingga para pelajar bisa mendapatkan pengetahuan (knowledge) dan dapat memahami hukum serta mengimplementasikan pengetahuannya tersebut dalam sikap dan tindakan yang positif pada aktivitas sehari-hari.

Bahrudin S.pd, selaku narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Depok menyampaikan perlunya  Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi pelajar dalam rangka untuk mempersiapkan generasi emas 2045 yang dibekali keterampilan abad 21. Adapun nilai-nilai karakter pelajar terdiri dari nilai religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaaan, cinta Tanah Air dan menghargai prestasi.

BPHN RI yang diundang sebagai narasumber juga mengangkat tema tentang Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik. Dalam paparannya Sumarno, S.H., MH, menggambarkan remaja saat ini sangat aktif menggunakan media sosial, namun sering kali tanpa sadar tidak memperhitungkan dampaknya, sehingga tidak sedikit dari tindakan mereka bisa berujung melanggar ketentuan Undang-Undang tersebut.

Dalam akhir penyampaiannya, Sumarno mengajak para pelajar sebagai pengguna internet dan media sosial dapat menggunakannya secara sehat dan aman.