PENYULUHAN HUKUM BAGI PELAJAR DI SMPN 2 DEPOK HARI RABU TANGGAL 27 MARET 2019

2019-03-29 09:12:09 admin Berita

Bagian Hukum Setda Kota Depok pada hari Rabu, tanggal 27 Maret 2019 menggelar Kegiatan Penyuluhan Hukum bagi pelajar di SMPN 2 Depok. Tema Penyuluhan Hukum kali ini adalah Internet Sehat dan Pembentukan Karakter Pelajar serta Pencegahan Bullying (intimidasi).

Dalam pembukaan penyuluhan tersebut, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Depok Salviadona Tri P, S.H., MH, menyampaikan bahwa kegiatan Penyuluhan Hukum bagi pelajar di SMPN 2 Depok merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan kesadaran hukum bagi siswa sejak usia dini. Sehingga para pelajar bisa mendapatkan pengetahuan (knowledge) serta dapat memahami hukum dan mengimplementasikan pengetahuannya tersebut dalam sikap dan tindakan yang positif

Rita Nurlita selaku narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika, turut menyampaikan perkembangan teknologi saat ini bagaikan dua mata pisau yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen masyarakat. Saat ini jejaring sosial tumbuh begitu pesatnya, baik jumlah media sosial dan jumlah penggunanya. Sebagai sarana untuk mencari teman dan juga sarana untuk berbisnis. Di kalangan remaja khususnya siswa atau pelajar, internet banyak membantu dalam peningkatan pengetahuan dan keahlian serta penyelesaian tugas-tugas di sekolah.

Pelajar harus diberikan bekal agar bisa membentengi diri dari kejahatan dunia maya. Untuk merubah perilaku penggunaan internet yang tidak sehat dan aman ini, dibutuhkan sebuah konsep yang diharapkan akan mampu merubah kebiasaan buruk siswa dalam memanfaatkan internet agar mengedepankan sisi positifnya, sehingga dapat membangun sikap kesadaran (awareness) terhadap teknologi informasi yang terus berkembang. Bagian Hukum Setda Kota Depok beserta Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Pendidikan Kota Depok telah mengambil bagian dari usaha meningkatkan pengetahuan siswa akan pentingnya menggunakan internet secara sehat dan aman melalui sosialisasi di SMPN 2 Depok.

Melanjutkan dari pembahasan diatas, Bahrudin Spd selaku narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Depok menerangkan, “Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang dengan sengaja melakukan tindakan-tindakan yang bersifat negatif secara berulang kali yang tujuannya adalah menyakiti, merendahkan, atau menjatuhkan harga diri orang lain. Bullying ini terjadi karena ada kesenjangan power/kekuatan antara pelaku dan korbannya”.

 “Perilaku bullying bisa dicegah dan pastinya pencegahan bullying tersebut memerlukan kerjasama berbagai pihak, mulai dari orang tua, sekolah dan masyarakat (organisasi pemuda, organisasi keagamaan, institusi pendidikan) sehingga bisa menjadi panutan yang memberikan petunjuk sekaligus menyeleksi mana kegiatan yang positif yang harus dikembangkan, dan mana kegiatan yang negatif dan wajib diberhentikan,” tutupnya mengakhiri wawancara.