PENYULUHAN HUKUM PELAKSANAAN DI SMPN 1 DEPOK HARI RABU TANGGAL 30 JANUARI 2019

2019-02-01 09:15:00 admin Berita

Untuk membangun kesadaran hukum sejak dini kepada pelajar, Bagian Hukum Setda Kota Depok pada hari Rabu, tanggal 30 Januari 2019 menggelar Kegiatan Penyuluhan Hukum kepada pelajar SMPN 1 Depok. Sosialisasi ini diharapkan agar pelajar memahami peraturan perundang – undangan, khususnya UU nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas  UU nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan UU nomor 11 Tahun 2012 tentang sistem Peradilan Pidana Anak.

Penyuluhan Hukum yang cukup interaktif itu menghadirkan narasumber  dari Kejaksaan Negri Depok yang diwakili oleh Seksi Intelejen pada Kejaksaan Negri Depok. Sedangkan dari Pemerintah Kota Depok hadir Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembang Kota Layak Anak.

“ Tujuan Kegiatan ini dalam rangka menuju Depok sebagai Kota Layak Anak, sehingga perlu adanya Ketahanan Keluarga,” ujarnya saat memberi materi tentang Peraturan Daerah nomor 9 Tahun 2017 tentang Peningkatan Ketahanan Keluarga di Aula SMPN 1 Depok.

Dalam Penjabarannya yang dijelaskan oleh Narasumber, Anak adalah bagian warga Negara yang harus di lindungi karena mereka merupakan generasi bangsa yang dimasa yang akan datang akan melanjutkan kepemimpinan bangsa Indonesia. Setiap anak disamping wajib mendapatkan pendidikan formal seperti sekolah, juga wajib mendapatkan pendidikan moral sehingga meraka dapat tumbuh menjadi sosok yang berguna bagi bangsa dan negara.