Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat, Bagian Hukum Kota Depok Gelar Lomba Kadarkum

      Comments Off on Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat, Bagian Hukum Kota Depok Gelar Lomba Kadarkum

 

Guna meningkatkan kesadaran hukum, Bagian Hukum Pemerintah Kota Depok mengadakan Lomba Kelompok Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Kota Depok. Lomba diikuti perwakilan dari setiap Kecamatan Kota Depok dan diadakan di Aula Lantai 5 Gedung Balaikota Depok.

Ketika membuka acara, Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial (Ekbangsos)mengatakan untuk membangun kesadaran hukum masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara baik secara langsung ataupun tidak langsung.

“Untuk acara lomba Kadarkum ini termasuk penyuluhan secara langsung, yang lain misalnya penyuluhan atau seminar-seminar,” ujar Asisten Ekbangsos, Eka Bachtiar pada Kamis (20/11/2014).

Eka menambahkan dengan diadakannya lomba ini diharapkan para peserta dapat menjadi pionir di tengah masyarakat agar kedepan hukum dapat menjadi mekanisme dalam berbangsa dan bernegara. Lomba ini juga sebagai sarana/media agar dapat membentuk masyarakat yang sadar hukum/norma-norma positif lainnya yang ada di masyarakat.

“Mudah-mudahan para peserta dapat lebih mengerti materi yang diperlombakan hari ini, dan dapat menjadi garda terdepan dalam mengurangi pelanggaran hukum yang ada di masyarakat,” tutur Eka seraya membuka acara lomba.

Senada dengan hal tersebut, Salvia Dona selaku Kasubag Advokasi Hukum Bagian Hukum Pemerintah Kota Depokmenjelaskan bahwa banyak materi peraturan dari pusat maupun daerah, namun Bagian Hukum Kota Depok hanya fokus melombakan empat peraturan saja, yaitu UU No. 23/2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, Undang-Undang yang berkaitan dengan tindak pidana tipikor, UU No. 23/2002 tentang perlindungan anak, serta Perda No. 8/2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan.

“Semoga para peserta bisa memahami sepenuhnya peraturan peundang-undangan yang akan ditanyakan di lomba,” tandas Silvia.

Sementara itu, untuk tahapan lomba yang disiapkan antaralain peserta sebelumnya akan mengikuti babak penyisihan dan diambil dua group dengan nilai terbesar. Babak penyisihan diadakan sebanyak dua kali. Setelah didapatkan empat group dengan nilai terbanyak akan maju ke babak final dan akan diambil juara 1, juara 2, dan juara 3.