PN Depok Gelar Seminar Antisipasi Permasalahan Hukum Bagi Aparatur Depok Terkait Pencegahan Korupsi

      Comments Off on PN Depok Gelar Seminar Antisipasi Permasalahan Hukum Bagi Aparatur Depok Terkait Pencegahan Korupsi

hukumUndang-undang mengenai tindak pidana korupsi telah mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan serta kompleksitas dan karakteristik korupsi, sehingga perubahan tidak terbatas pada hukum materil saja akan tetapi juga hukum formil, bahkan dari segi kelembagaanpun mengalami penambahan agar pemberantasan tindak korupsi berjalan secara efektif.

Berangkat dari permasalahan tersebut, untuk mengupayakan efektivitas dan efesiensi kerja Aparatur Pemerintah Kota Depok dan mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di lingkungan Pemkot Depok,  Pengadilan Negeri Depok bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok mengadakan seminar sehari di Hotel Bumi Wiyata pada Senin (23/06/14) pagi tadi.

Kegiatan yang bertemakan “Antisipasi Permasalahan Hukum Bagi Aparatur” ini dihadiri oleh Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma’il, Kapolres Kota Depok Kombes Ahmad Subarkah, Kepala Kejaksaan Negeri Depok Abdul Wahab Arief, Ketua pengadilan Negeri Depok Dwi Sugiarto, Sekretaris Camat dan Kelurahan se-Kota Depok, Sekretaris Dinas, Badan dan Lembaga di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah Kota Depok.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Aparatur Pemerintah Kota Depok mengenai peraturan perundang- undangan yang bersinergi lainnya, meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah mengenai unsur-unsur tindak pidana korupsi serta membentuk mental aparatur pemerintah Kota Depok yang anti korupsi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Depok mengatakan, sebagai aparatur pemerintah, patut untuk mengupayakan agar dapat mencegah dan mengkordinasikan dengan berbagai macam lembaga-lembaga agar korupsi tidak terjadi di lingkungan kita, apalagi mengenai diri kita sendiri. “Jangan sampai setelah tersandung kasus, kita baru tergopoh-gopoh, selalu ikhtiar setiap melakukan suatu aktifitas,” tandas Wali Kota.

Orang nomor satu di Kota Depok itu juga menambahkan, acara  ini tidak lain untuk melakukan proses-proses pendampingan supaya tidak terjadi fenomena korupsi, kuncinya adalah semua harus diketahui, direncanakan dan dirasakan oleh kita sendiri dengan melakukan diskusi, konsultasi, serta upaya-upaya klarifikasi jika ingin jelas.

“Mudah-mudahan forum ini betul-betul menjadi wahana terbuka kita untuk mmpersiapkan kinerja Aparatur Pemerintah Kota Depok yang layak untuk dicontoh oleh daerah-daerah lain yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

hukum2